Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Resep membuat serabi merah putih kuah kinca yang empuk dan enak. Sangat cocok teman minum teh .

 Serabi merupakan salah satu jajanan pasar yang populer di Jawa Tengah dan Jawa Barat. Adonan bisa diberi warna dan rasa sesuai selera. Sajikan dengan kuah kinca.

Serabi sendiri bisa dimasukkan ke dalam jenis makanan panekuk. Setiap daerah mempunyai resep serabi yang khas masing-masing, mulai dari serabi Bandung, Jakarta, sampai Solo. Ada dua jenis serabi yang kita kenal, yang manis berkuah gula merah atau kinca dan serabi asin yang biasanya dibumbui dengan oncom.
Serabi merah putih kuah kinca
Sumber instagram /@wawawiati

Seiring perkembangan zaman dan selera yang berubah, banyak inovasi resep serabi dikembangkan sehingga variannya bertambah banyak. Tetapi, yang tradisional tetap disukai.

Ini adonannya  encer yaa jadi sebaiknya emang dimasak pake cetakan kue serabi aja  bukan di teflon datar biar gak tipis meleber hasilnya. Permukaannya gak berpori banyak  tapi dia nyarang dan empuk banget. Kue serabi kinca ditempatku  memang cenderung spt ini, agak gendut dan hanya pinggirannya aja yg bepori. Tengahnya mulus tapi agak  menggembung. 

SERABI KUAH KINCA
By: Wawa Wiati

Bahan:
200 g tepung trigu
50 g tepung beras 
1 sdm kanji
1sdt ragi instant ( misal fermipan) 
1/2 sdt baking powder
20 ml santan kekentalan  sedang.
2 sdm minyak
1 butir telur dikocok lepas
1 sdt rata garam

Cara:
1. Campur semua bahan kecuali telur,  minyak dan baking powder. Aduk sampai licin dan tidak ada yang bergerindil. diamkan 30 menit. 
2.Masukan baking powder, telur dan minyak. Aduk rata. 
3.Panaskan cetakan serabi dg api sedang, alasi bagian bawahnya dg loyang bekas atau kaleng. Tuang 1 sendok sayur adonan. Biarkan sampai pinggirannya sedikit berpori. Tutup .
4. Masak sampai matang.  Hasilnya permukaan kue serabi hanya sedikit berlubang di pinggirnya sedangkan bagian tengah licin dan menggembung, tapi bagian dalemnya tetap nyarang. 
5.Kalo mau hasil permukaan yg berpori seperti martabak. Setelah adonan dituang di cetakan panas biarkan jangan ditutup sampai permukaannya berlubang lubang baru ditutup. 

Kuah kinca: 
500 ml santan
50  gr gula pasir
100 gr gula merah atau sesuai selera ( test rasa)
1/2 sdt garam
1 -2  lembar daun pandan ditali simpul. 
Cara: 
Masak semua bahan.  Aduk sampai mendidih  lalu  saring. Tambahkan potongan nangka kalo suka

Gimana mudah bukan ??😊😊

Posting Komentar untuk "Resep membuat serabi merah putih kuah kinca yang empuk dan enak. Sangat cocok teman minum teh ."